Beranda » Lauk pauk » Ayam rica rica ala bebek madura

Ayam rica rica ala bebek madura


Bekerja dari rumah

Suka banget makan bebek madura. Bumbu hitamnya bikin penasaran, soalnya mbak penjualnya kalau ditanya iya iya / nggak nggak aja. Mba itu itemnya pakai kluwak ya…iya. Pakai kelapa rendang kali ya…dijawab iya. Kok bisa item gurih gimana sih? Nggak…. Maksudnya nggak akan kuberi tahu la yauw…

Nah disini saya kasih tahu rahasianya, bagaimana bikin kuah hitam nan gurih itu. yuuuukkk

Resep Rica Ayam ala Bebek Madura.

Bahan :

Ayam tua / Bebek 1 ekor. Potong 8/12/16 rebus/kukus sebentar buang airnya.

Daun jeruk 15 lbr

Daun sereh 2 batang

2 buah tomat iris.

Asam jawa 1 sdm

Gula merah 2 sdm.

Minyak goreng 500 ml…..minyaknya harus banyak, ayam/bebeknya sampai terendam.

Bumbu (haluskan) :

10 siung bawang merah

4 siung bawang putih

20 buah cabe rawit merah

3 cm kencur

5 butir kemiri

2 cm kunyit.

Caranya :

Campurkan semua bahan dan bumbu dalam wajan, masak dengan cara diungkep sampai matang, sambil di aduk sesekali. Nah untuk mendapatkan kuah hitamnya, masak terus sampai bumbu menghitam. Kalau saya caranya begini, masak pertama sampai tingkat matang, besoknya dipanasin sampai menghitam.

Ini penampakan rica-rica ayamnya, belum hitam ya…

Gambar

dan ini penampakan yang sudah hitamnya (pssstt fotonya darurat, ini bebek bekal mudik lebaran kemarin)

Gambar,

3 thoughts on “Ayam rica rica ala bebek madura

  1. Ibu sebelumnya terima kasih atas bagi resepnya.
    Saya sudah coba ibu langkah2nya :
    1. Masak bebek sampai empuk buang air rebusan
    2. Uleg semua bumbu masukkan ke wajan yg sudah penuh minyak goreng + bebek yang sudah ditiriskan tadi.
    3. Masak sampai hitam
    Yang saya tanyakan adalah bumbunya jadi gosong ibu apakah tidak perlu air atau langkah saya yg salah ibu.
    Tolong infonya ya ibu
    Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s